Follow IG @farida_271

Monday, September 14, 2020

Batuk Kering Bisa Sembuh dengan Minum Madu.

Madu, semua orang pasti sudah tahu akan kedasyatan manfaatnya. Kesehatan dan kecantikan dua bidang tersebut sudah membuktikan hebatnya khasiat dari madu.

ALLAH SWT berfirman bahwa madu bisa mengobati segala macam penyakit selain kematian. Jadi jangan ragu lagi tentang manfaat dari madu, karena ALLAH sendiri sudah menjaminnya.

Dan sudah tahukah kamu bahwa madu juga bisa mengobati penyakit batuk kering? Sebelum aku menuliskan cerita tentang pengalaman aku waktu mengalami batuk kering, ada baiknya kita tahu definisi dari batuk kering itu sendiri.

Menurut situs alodokter.com batuk kering adalah kondisi batuk di mana dahak tidak banyak diproduksi atau justru tidak terdapat dahak sama sekali. Dorongan untuk batuk umumnya karena rasa gatal ditenggorokan.

 


Jadi ceritanya aku punya pengalaman dengan keduanya yaitu madu dan batuk kering. Bagaimana ceritanya?

 

Begini ceritanya.......

Aku pernah mengalami yang namanya batuk kering. Sampai rasanya itu buat jalan ke kamar mandi tidak kuat. Tidak kuatnya karena bolak balik harus berhenti buat ngatur nafas. Rasanya kayak orang habis lari marathon, kalau bahasa pacitannya menggeh-menggeh. Kalau batuk kering kan biasanya pas batuk seringnya terus menerus dan itu biasanya aku pasti mutah.

Karena khawatir dengan keadaan takut kalau paru-parunya bermasalah atau bagaimana akhirnya aku periksa ke bidan desa. Bu bidan belum bisa memastikan apakah ada sesuatu di paru-paru atau tidak. Aku bertanya kenapa kok buat jalan aja nafas gak seperti biasa dan kalau batuk kadang muntah juga. Dan jawabannya dari Bu Bidan adalah nafas megap-megap itu karena efek dari batu kering karena saluran pernafasannya terhalang, sedangkan muntah itu adalah reaksi tubuh untuk mengeluarkan dahak, karena dahaknya belum ada jadinya muntah. Disarankan untuk banyak minum air putih yang hangat.

Dan pulang dengan segepok obat-obatan. Tapi karena dasarnya aku tidak mau minum obat. Akhirnya cuma banyak minum air hangat yang aku turuti dan aku minum madu sehari 3 kali plus makan makanan yang tidak mengandung minyak alias tidak makan yang digoreng, jadi selama batuk masih kering tiap hari makan sayur bening. Ini menyiksa banget bagi aku pecinta krupuk dan gorengan.

Apakah dengan minum madu sehari 3 kali langsung sembuh?

Jawabannya tidak, sekitar seminggu baru bisa dikatakan sembuh. Lama ? iya memang lama saya setuju jika ada yang mengatakan proses penyembuhannya lama.

Bertahap untuk proses penyembuhannya, karena untuk batuk kering yang aku alami ini prosesnya tidak langsung sembuh, tetapi dari batu kering yang tidak berdahak menjadi batuk yang berdahak dan kalau batuk berdahak selama dahaknya bisa dikeluarkan berarti bisa sembuh dengan cepat.

Bagaimana respon tubuh selama batuk kering dengan pengobatan madu?

Muntah. Hampir setiap habis minum madu, tenggorakan terasa gatal dan pasti batuk, jika terus-terusan batuk maka ujung-ujungnya pasti muntah. Tapi anehnya setelah muntah itu tenggorokan terasa tidak gatal. Dan hal ini berlangsung beberapa hari.

sumber : Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Aku minum madu sehari 3 kali, pagi biasanya aku rutinkan sebelum sarapan, kalau siang setelah makan siang sedangkan kalau malam aku minum menjelang tidur malam.

Batuk kering paling menyebalkan kalau malam hari, karena bakalan tidak bisa tidur dengan nyenyak. Beberapa kali terbangun adalah hal yang biasa kalau sedang mengalami batuk kering.

Dan sepertinya minum madu untuk meredakan batuk kering paling ampuh pada malam hari, karena kata Ibuk “Maeng bengi watukmu kacek. Ora ngiklik ae. Jo mangan krupuk sek pokoke yen urung watuke mari tenan.” (“Semalam batukmu sudah mendingan, tidak batuk terus-terusan. Jangan makan kerupuk dulu kalau belum sembuh beneran batuknya.”

Karena aku pernah mencoba sebelum tidur tidak minum madu, memang beneran gak bisa tidur karena batuknya itu lho. Sumpah gak enak sama sekali.

Cara aku minum madu adalah aku campur dengan air hangat, tapi pernah juga langsung minum setelah dituang ke sendok, saran dari Bapak kalau minum madu pakai sendok plastik aja atau yang lebih baik pakai yang bahannya kayu. Sensasinya lebih mantap kalau pakai air hangat jadi kayak kita minum teh ata kopi.



Madu + air hangat + makan makanan yang tidak mengandung minyak + istirahat yang cukup adalah kombinasi yang pas menurut aku untuk menyembuhkan batuk kering.

Semoga tulisan pengalaman pribadi aku ini bisa membantu kalian.

 


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak. j