Follow IG @farida_271

Monday, August 10, 2020

PENGALAMAN PERTAMA TARIK UANG DI ALFAMART

Sudah lama tahu bahwa transfer uang tidak hanya bisa melalui bank saja tetapi bisa melalui salah satu jejaring toko retail yang aku rasa cukup banyak jaringannya di Indonesia yaitu ALFAMART.

Beberapa kemudahan jika transfer melalui alfamart antara lain :

  • Tidak perlu nomer rekening
  • Tidak ada batasan jam pengambilan, karena bisa diambil sewaktu-waktu sesuai dengan jam operasional alfamart.

Salah satu pembeli aku menawarkan bagaimana kalau pembayaran transaksi lewat alfamart. Karena dari awal aku juga penasaran bagaimana cara nerima transferan via alfamart makanya aku langsung setuju saja dan mengatakan bahwa ini pertama kalinya aku nerima pembayaran online lewat alfamart, jadi aku memintanya untuk bertanya syarat-syarat apa saja yang perlu aku bawa saat nanti aku hendak mengambilnya.

Ternyata saat pengambilan uang cuma perlu fotocopy KTP saja serta jangan lupa kode unik yang diberikan oleh pihak alfa kepada orang yang transfer ke kita. Karena nanti dua hal tersebut akan diminta waktu penarikan uang dan tentunya nomer ponsel yang aktif.

Aku dapat info kalau uang sudah ditransfer itu hari sabtu sore, setelah dikasih kode unik dari pihak Alfamart yang kemudian dikirim kepadaku. Karena sudah sore aku berencana mengambilnya hari minggu pagi saja. Aku tidak tahu ada batasan waktu apa tidak untuk pengambilan uangnya. Cuma karena masalah uang itu hukumnya adalah lebih cepat lebih baik, jadi ya aku sarankan jangan-jangan lama gitu aja.


Ternyata awalnya aku kira harus mengambil di alfamart yang ditunjuk, ternyata bisa diambil di gerai alfamart mana saja.

Di hari Minggu sekitar pukul 10.00 wib pergilah aku ke gerai alfamart terdekat. “Mbak, mau ambil uang transferan dikirim dari alfamart juga.”  Ternyata di Alfamart pertama ini tidak bisa mengambil uang karena yang aku dengar dari jawaban salah satu petugasnya adalah saldo e-trans nya tidak cukup. Dan aku coba bertanya kepada petugasnya kalau alfamart di sini yang bisa melayani mengambilan uang di mana saja, ternyata kata petugas alfamart semua bisa melayani asal saldo e-trans nya cukup.

Lalu aku mendatangi ke gerai alfamart kedua. Hanya menunggu satu orang selesai di meja kasir tapi lumayan lama meski cuma satu orang. Dan tiba giliran aku, kemudian aku mengajukan pertanyaan yang sama dengan yang aku tanyakan di gerai alfamart pertama bahwa aku mau mengambil uang.

“Mbaknya pernah mengambil uang di sini sebelumnya.”

“Belum pernah mbak”

“Maaf mbak, kalau begitu kami tidak bisa melayani, karena kami tidak bisa input datanya.”

“Oh gitu, baikalah. Makasih mbak.”

Gerai alfamart kedua yang aku datangi tidak bisa. Baiklah sekarang meluncur ke gerai alfamart ketiga. Dan alhamdulilah wa syukurilah di gerai alfamart yang ketiga ini bisa. Cukup menyerahkan fotocopy KTP, nomer ponsel yang aktif dan kode unik dari alfamart uang sudah bisa dicairkan. Dan tidak ada biaya penarikan sama sekali.

Aku waktu itu narik uang kurang lebih Rp. 200.000, apakah jika penarikan uang lebih atau kurang dari itu ada biaya penarikannya? Saya tidak tahu.

Mungkin ada yang bertanya, apakah bisa langsung diambil uangnya? Saya juga tidak tahu, karena untuk kasus saya ini, saya ambilnya keesokan harinya.

Untuk biaya kirimnya bagaimana? Menurut info dari pembeli ada biaya transfer yang besarnya biaya tergantung jumlah uang yang ditransfer. Besarnya berapa? Dia nggak mau kasih tahu. Katanya rahasia. He he he

Itulah cerita aku pertama kali melakukan penarikan uang via alfamart. Semoga bisa membantu.



 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak. j