Follow IG @farida_271

Tuesday, May 19, 2020

{ketigapuluh} Lima Jajan Lebaran Yang Harus Ada Di Meja Saat Lebaran.



Semua sepakat bahwa lebaran tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun kemarin lebaran kurang beberapa hari jajanan yang akan dipasang di meja udah siap tinggal masukkan ke dalam toples, bahkan untuk lebaran beberapa hari kemudian juga disimpan. Ini tradisi ibuk, selalu menyisihkan atau menyimpan beberapa jajan yang akan dihidangkan nanti jika ada tamu di lebaran di hari entah ke berapa. Biasanya di rumah 1-3 hari lebaran jajan masih komplit di meja, mulai dari lebaran hari keempat itu biasanya toples udah pindah ke belakang. Bukan tamunya yang makan tapi tuan rumahnya yang makan.

Jadi karena hal itu, ibuk selalu menyiapkan jajan lebaran yang sekiranya semua keluarga suka, dan bahkan jajan yang disiapkan adalah request dari anggota keluarga yang lain.

Inilah lima jajan lebaran yang pasti ada di meja tamu saat lebaran.
  • Roti Benik, ini adalah salah satu kue kering yang selalu ada di toples meja ruang tamu saat lebaran. Ini adalah jajan kesukaan aku, dulu pas di Malang pernah bawa jajan ini, terus kata temanku “Udah musim jajanan pizza dan burger masih suka jajan model seperti ini.” yang warna-warni itu rasanya manis sekali.
sumber gambar : m.omiyago.com
  • Kurma, kurma juga selalu ada di meja, bukan hanya jenis makanan yang selalu ada selama ramadhan. Ini adalah pesanan dari bapak “kurma gae riyoyo west tuku bu?”.
sumber gambar : www.halodoc.com
  • Kacang Mete. Ini satu rumah tidak ada yang suka, dan ini adalah kemauan ibu sendiri. Tapi anehnya malah yang cepat habis dibanding makanan yang lain. Mereka bilang, “Ini makanan yang cuma muncul setahun sekali, jadi harus dimakan.” Kacang mete ini memang harganya selangit alias mahal. Jadi kalau toples kacang mete udang setengah kosong, saat ibuk melakukan sidak toples di meja, langsung diangkut ke belakang dan disimpan buat nanti kalau ada tamu.
sumber gambar : www.alodokter.com
  • Madu Mongso, jajan dari bahan ketan hitam dan gula jawa ini juga selalu ada di rumah saat lebaran. Dulu aku ingat itu ibuk selalu buat sendiri madu mongso ini tapi beberapa tahun terakhir ini ibuk beli untuk madu mongsonya.
sumber gambar : www.masakkue.com
  • Agar-Agar atau Jelly, kalau ini disiapkan khusus untuk para cucu-cucu katanya ibuk, karena sebagian besar anak kecil suka dengan jelly berwarna-warni dengan berbagai macam rasa buah ini, tidak hanya si kecil tapi yang dewasa juga suka.
sumber gambar : shopee.co.id


Itulah lima jajanan yang selalu ada di meja ruang tamu saat lebaran. Tapi itu dulu, karena lebaran sekarang berbeda, selain ada covid-19 juga ini lebaran pertama tanpa ibu. Dulu cukup ibu saja yang mengatur dan kita sudah tahu beres, tapi sekarang.....





No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak. j