Follow IG @farida_271

Thursday, May 30, 2019

TIGA TIPS JITU YANG BERGUNA UNTUK KEHIDUPAN SEHARI-HARI


Ada tiga tips jitu, yang sengaja aku tulis ulang dari majalah Nyata, udah terbitan lama tapi aku rasa masih berguna untuk kita semua. Berikut 3 tips jitu tersebut :
MERAWAT TAS KULIT
Agar tas kulit anda awet, hindari kontak langsung dengan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Jika timbul bercak putih pada permukaan tas, hilangkan dengan cara mengelapnya dengan lap bertekstur lembut. Jika terkena air, keringkan juga dengan lap kering bertekstur lembut. Simpanlah tas jika tidak digunakan di dalam dust bag. Jika tidak digunakan lagi dalam waktu lama, sesekali keluarkan tas dari kemasan dan angin-anginkan.

HILANGKAN BAU APAK PADA PAKAIAN
Bau apak pada pakaian disebabkan oleh jamur. Baju yang disimpan di tempat yang jarang dibuka, apalagi terbuat dari plastik, akan mudah lembab dan memicu tumbuhnya jamur. Beberapa hal di bawah ini mungkin dapat menghindari bau pakaian saat disimpan :
  • Sebelum menyimpan cuci bersih dan pastikan baju dalam kondisi benar-benar kering.
  • Simpat di tempat berpori, seperti kardus atau lemari dari kayu. Kalau anda ingin membungkusnya dengan plastik, tusuk-tusuk plastiknya agar udara bisa mengalir.
  • Simpan sementara waktu di ruangan yang kering dengan tingkat kelembapan yang rendah. Produk anti bau lemari jadi sia-sia jika kondisi sekelilingnya terlalu lembab.
  • Simpan pakaian dalam kondisi bersih dan kering. Noda makanan atau keringat akan mengundang ngengat baju yang akan membuat pakaian bisa berlubang-lubang.

PISAU TETAP KINCLONG DAN TAJAM
Sungguh menjengkelkan memotong dengan menggunakan pisau tumpul. Berikut beberap tips agar pisau dapur anda tetap kinclong dan tajam :
  • Jangan digunakan untuk memotong benda keras
  • Segera keringkan pisau setelah dicuci. Terutama pisau yang gagangnya terbuat dari kayu.
  • Cuci pisa setelah digunakan untuk memotong bahan yang mengandung asam. Ini bertujuan agar warna mata pisau tidak cepat berubah.
  • Setelah dikeringkan. Simpan pada tempat khusus atau laci khusus yang memang digunakan untuk menyimpan pisau.
  • Sebelum digunakan lagi, bersihkan pisau dengan lap yang kering untuk menghindari terkontaminasi dengan bakteri.

 semoga bermanfaat
Sumber : NYATA.IV Oktober 2014



noted : sumber foto cover berasal dari : pixabay.com

No comments:

Post a Comment