Follow IG @farida_271

Wednesday, April 24, 2019

KELAS 1 SD ZAMAN NOW Vs ZAMAN DAHULU

Gambar Oleh OpenClipart-Vektors dari Pixabay


Semuanya pasti pernah duduk dibangku sekolah dasar kelas 1 kan? Kalian masih ingat nggak pengalaman seru saat duduk dikelas 1 SD? Yuk silahkan berbagi masa-masa bahagia di kelas 1 SD dulu di kolom komentar. He he he

Tulisan ini tercetus karena melihat keponakan yang masih kelas 1 SD tapi kenapa jauh berbeda dengan aku dulu yaa. Pasti kalian akan menjawab karena tuntutan zaman yang semakin canggih bukan.

Jadi hasil perbandingan ini jelas-jelas berbeda disetiap orang. Karena berbedaan domisili, berbedaan tahun masuk SD dll.

Mari kita mulai......
SD ZAMAN DULU (ZAMAN AKU KELAS 1 SD)
  • ·         Kelas 1 SD baru tahu yang namanya huruf dan angka. Jadi kelas 1 aku belum bisa baca dan belum bisa menyebutkan angka.
  • ·         Pulang sekolah jam 10.00 wib, jadi punya waktu banyak buat bermain aneka bermainan dengan teman-teman dilingkungan rumah. Berhubung diriku cewek jadi mainannya tidak jauh-jauh dari masak-masakan, bekelan, lompat tali dll.
  • ·         PR nya cuma nulis satu huruf tapi satu halaman buku kotak aja, hari pertama tidak langsung dikenalkan dengan huruf, tapi disuruh membuat garis miring kanan, garis miring kiri, tegak, lurus, setengah lingkaran dsb. Dan sekarang aku baru menyadari ternyata itu agar waktu nulis hurufnya lancar. Yaap dulu huruf harus standard. Misalnya huruf ‘a’ itu harus seperti ini “a” dan cara menulisnya pun harus sesuai dengan yang diajarkan oleh ibu guru. Misalnya nulis huruf ‘d’ kecil, itu harus dari setengah lingkaran dulu baru garis tegaknya.
  • ·         Meskipun kelas 1 baru kenal huruf dan angka, nyatanya naik ke kelas 2 semua sudah lancar membaca. Dan baru kelas 2 ini mabuk dengan perkalian, karena hampir setiap hari sebelum dan sesudah pelajaran selalu disuruh menghafalkan perkalian dahulu. Mantaaap yang SD aku.
  • ·         Tas-nya ringan banget, karena tidak ada buku paket untuk kelas 1 SD, jadi cuma bawa buku tulis dan kotak pensil aja.

KELAS 1 SD ZAMAN NOW
  • ·         Dari TK sudah dikenalkan dengan huruf bahkan sudah diajari untuk mengeja, tapi di kelas 1 beberapa teman keponakan aku masih ada yang belum lancar membaca.
  • ·         Pulang sekolah pasti di atas jam 11 siang, sampai rumah sudah capek tapi harus segera ngerjakan PR. Jam 7 malam udah tepar alias udah tidur.
  • ·         Pekerjaan rumah hampir setiap hari selalu ada, dan tidak sedikit jumlahnya.
  • ·         Materi pelajaran cukup sulit, di tema 7 atau 8 anak-anak sudah bisa menghitung operasi penjumlahan ataupun pengurangan. Dan beberapa materi lainnya seperti dampak gejala alam, kalimat tanggapan, kalimat perintah dsb.
  • ·         Tas mereka berat, selain karena modelnya tetapi bawaan mereka juga sudah berat. Tapi tenang dik, beratnya kehidupan masih lebih berat dibandingkan berat tas mu.


Sudah 5 saja perbedaanya, kalau teman-teman mau menambahi silahkan yaa.
Sekarang info dari beberapa tetangga yang punya anak di TK, mereka tidak boleh diajari membaca dulu, membaca tidak dimasukkan dalam kurikulum tetapi pihak TK (Taman Kanak-Kanak) memberi semacam les tambahan untuk anak.
Karena pernah dengar juga, ada beberapa sekolah dasar yang memasukkan ujian membaca untuk penerimaan murid baru.

Tidak akan mengomentari kebijakan dinas pendidikan, karena aku yakin program apa yang mereka keluarkan mereka pasti tahu apa yang terbaik untuk para penerus bangsa Indonesia.


lalu bagaimana dengan kelas 1 SD kalian, share yukkk




2 comments:

  1. Betuull.. itu tema 7 dan 8 sudah penjumlahan pengurangan menurun yang pakai nyimpen-nyimpen gitu. yang paling menyusahkan itu ketika penjasorkes. Apa itu gerak lokomotor? Beri contoh gerak non lokomotor? ahaiiii

    ReplyDelete
  2. bener banget tuh, mbak. tas berat. materi pelajaran juga berat...
    maknya harus pinter, karena kebanyakan orangtuanya yang harus memberi pengertian lebih.

    ReplyDelete