Follow IG @farida_271

Sunday, July 12, 2020

3 RACUN YANG KITA TIDAK AKAN SEGAN UNTUK MINTA LAGI DAN LAGI

July 12, 2020 0 Comments


Racun, semua orang pasti menolak jika di sodori racun. Iya racun memang selalu berhubungan dengan hal-hal yang menyeramkan dan mematikan.
Tapi apakah ada racun yang jika disodorkan kepada kita, kita akan minta lagi dan lagi? meskipun begitu sekalinya racun ya tetap racun dia tetap akan memberikan efek kepada si peminum atau tetap akan membuat seseorang itu keracunan.
Apa sajakah racun-racun yang membuat ketagihan itu? ini dia dan simak :

RACUN MEMBACA
kalau seseorang sudah terkena racun membaca, ia akan keracunaan untuk terus membaca. Entah itu buku, buku digital, papan iklan, selembar pamflet atau membaca kenangan. Semua itu tidak akan luput dari matanya. Tiada waktu tanpa membaca, tiada tempat untuk membaca.
Racun ini sangat tepat untuk mereka yang suka menimbun buku tapi dibaca nanti. Karena menimbun buku dan membaca buku adalah dua hal yang berbeda.

PIXABAY


RACUN MENULIS
Keracunan racun menulis, berefek orang tersebut akan rajin menulis. Apa saja yang sedang ia alami akan menjadi sebait tulisan yang indah untuk dibaca. Menuliskannya dimana saja, di notes ponsel, di buku saku, di buku catatan kecil, di selembar kertas usang atau mungkin di laptop jadulmu.
Racun ini sangat tepat untuk mereka yang malas menulis tapi bercita-cita menjadi penulis, mereka yang suka dikejar deadline dan mereka yang terpuruk dengan kenangan.

SUMBER : PIXABAY


RACUN BELANJA
Racun yang sangat disayangkan untuk dilewatkan. Efek dari racun ini adalah tiada hari tanpa belanja. Belanja ada nyawa dan belanja adalah nafas kehidupan, itulah slogan dari racun belanja.
Apakah racun belanja hanya untuk mereka yang berduit, untuk mereka yang berjiwa sultan? Tentu saja tidak. Sekarang banyak promo di marketplace yang mendukung mereka dengan dompet tipis tapi ingin sultan (contohnya saya).

SUMBER : PIXABAY


Itulah tiga racun versi aku yang tidak akan bisa ditolak. Apalagi dunia dengan segala fasilitas yang tersedia membuat orang tidak akan merasakan kalau dia sedang keracunan.




ini tulisan untuk #1minggu1Cerita tema racun




Tuesday, July 7, 2020

REKOMENDASI MAKANAN JAMAN DAHULU ALA WEBSITE RESEP MASAKAN RINARESEP.COM DIJAMIN PASTI ENAK

July 07, 2020 0 Comments

Masakan tradisional bukan milik mereka yang sekarang sudah tua atau mereka yang berada di generasi 90an tapi seiiring berkembang zaman masakan tradional juga mulai berkembang. Berkembangan yang tampak mencolok itu dari segi pengemasan dan segi pemasaran. Pengemasan sudah lebih modern dan tampak lebih higienis, sedangkan untuk pemasaran makanan tradional juga sudah merambah menggunakan sistem online.

Sekarang tidak usah bingung kalau mau makanan zaman dahulu, bisa beli atau buat sendiri. Tapi lebih pas dan mantap kalau buat sendiri. Bingung cari rekomendasi makanan zaman dahulu yang cara buatnya gampang dan dijamin enak serta anti gagal. Simak penjelasan di bawah ini :

Inilah lima rekomendasi makanan jaman dahulu ala  rinaresep.com :
  • KUE LUPIS
Salah satu jenis kue basah yang banyak penggemarnya baik dari anak-anak atau usia dewasa. Berbahan dasar tepung ketan dengan topping gula merah yang sudah dicairkan dan taburan parutan kelapa yang membuat kue ini semakin gurih dan lezat.

resepnya klik ini
  • ES GABUS PELANGI
Cocok dimakan saat siang hari sambil nonton televisi bersama-sama dengan anggota keluarga yang lain. Karena es ini juga bakalan disukai oleh seluruh anggota keluarga, mungkin mereka yang sudah tua bisa sekalian mengenang masa kecil dulu saat dengan mudahnya menemukan makanan ini.
Dengan bahan dasar tepung hunkwe dan santan menjadikan tekstur es gabus ini sangat lembut dan tentunnya manis rasanya.

resep es gabus pelangi
  • NAGASARI PISANG
Makanan ini juga merupakan bagian dari makanan basah. Teksturnya lembut, rasanya gurih.
Makanan ini cocok untuk camilan baik pagi, siang ataupun sore hari. Dengan berbahan dasar tepung beras yang kemudian diberi isian pisang dan dikukus dengan daun pisang membuat rasa gurih dan lezatnya nagasari semakin terasa. Aduhhh jadi pengen makan nagasari pisang.


  • KUE LAPIS SAGU
Dari namanya sudah diketahui dengan pasti kue ini berbahan dasar tepung sagu. Dengan menggunakan bahan dasar sagu membuat tekstur kue lapis ini lembut dan kenyal.


resepnya di sini

  • PUTU AYU
Menjadi bagian dari salah satu kue basah yang sangat disukai oleh semua orang. Dengan aroma daun pandan yang membuat makanan menjadi terasa enak. Dengan cara pembuatan yang dikukus dan ditambah dengan taburan parutan kelapa menjadikan kita semakin kalap untuk segera menghabiskannya.


cara membuat klik di sini



Itulah lima rekomendasi makanan tradional ala rinaresep.com. Bagaimana kalau tiba-tiba pengen makan salah satu dari makanan tersebut dan kalau mau beli tidak memungkinkan. Mau tidak mau maka kita harus buat sendiri bukan? Yaap dan tidak usah bingung karena di rinaresep.com resep-resep lima makanan traditional di atas ada dan tinggal eksekusi saja. dan tidak hanya itu tapi ada banyak resep masakan yang lainnya. Mau cari resep minuman, resep kue, resep makanan semua ada bahkan cara masak juga dijelaskan dengan rinci. 

Sudah pada tahukan apa itu rinaresep.com? kalau belum tahu simak penjelasan berikut ini :

APA ITU RINARESEP.COM

rinaresep.com adalah sebuah website yang didirikan pada bulan April tahun 2020. Tujuan dari didirikannya website rinaresep.com adalah membantu para ibu-ibu yang bingung dalam menyajikan menu hidangan yang enak setiap harinya, selain itu juga sebagai wadah para kaum muda yang ingin belajar memasak.



Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan resep-resep yang ada di rinaresepdotcom, karena apa? karena di rinaresepdotcm itu mengedepankan originalitas dimana resep yang ditampilkan adalah resep berdasarkan pengalaman atau sesuai dengan keseharian sendiri. Jadi bukan resep abal-abal yang hanya sekedar posting tanpa bukti nyata.

Ada berapa katergori di rinaresepdotcom. rinaresep.com mempunyai 10 kategori resep masakan yang siap diuji di dapur masing-masing di rumah. Apa saja 10 kategori itu :
  • Ayam
  • Cepat Saji
  • Daging
  • Ikan
  • Kue
  • Mie
  • Minuman
  • Sayur
  • Seafood
  • Sup

10 kategori ini sangat memberi kemudahan buat para pengunjung website rinaresep.com yang akan mencari resep yang diinginkan.

Misal sedang mencari resep membuat resep es gabus pelangi, tinggal klik icon kategori kue dan langsung pilih kue apa yang diinginkan dan bisa langsung praktek.

Apa saja yang bisa membuat website rinaresep.com ini wajib dan harus dikunjungi?

Di atas sudah saya jelaskan tentang keoriginalan resep masakan serta adanya pilihan kategori dalam tampilan website. Apakah masih ada kelebihan rinaresep.com selain dua hal itu? jawabannya adalah ADA. Dan apakah itu?

Di rinaresep.com kita bisa membuat makanan sesuai dengan porsi yang kita inginkan. Misal kita mau membuat kue putu dengan porsi untuk 20 orang makan komposisi bahan-bahannya akan berbeda jika kita membuat porsi untuk 5 orang. Biasanya di resep masakan memang ada keterangan untuk berapa porsi. Dan kita akan mengira-ngira sendiri kalau akan membuat lebih dari porsi yang tercantum dalam resep atau sebaliknya. Kalau udah seperti itu otomatis kegagalan sudah nampak di depan mata. Kalau di rinaresep.com hal itu tidak mungkin terjadi.



Ada keterangan waktu memasak, jadi kita bisa tahu kita akan menghabiskan waktu berapa lama di dapur. Tidak ada lagi terburu-buru, tidak ada lagi bekal makanan atau menu sarapan belum siap saat sudah mau berangkat.




Ada informasi nutrisi atau nilai gizi yang terkadung dalam setiap 1 porsi makanan yang akan kita buat. Informasi nutrisi ini sangat penting tidak hanya untuk mereka yang dalam program diet tetapi untuk semua orang. Karena dengan adanya info nutrisi yang terkandung dalam setiap makanan kita akan tahu berapa banyak kalori, karbohidrat yang akan masuk ke dalam tubuh kita.

Misal kita ambil contoh satu porsi kue putu ayu mengandung 21 kalori, sementara kebutuhan kalori untuk wanita dewasa perhari sekitar 2000 kalori. Jadi kalau sehari makan 10 kue putu ayu berarti kita sudah mengkonsumsi sebanyak 210 kalori.

Ada label menu masakan populer dari beberapa negara antara lain Indonesia, Perancis, Malaysia, Amerika, Cina dan Italia. Jadi kalau ingin makan menu Italia, tidak perlu pergi kesana atau ke restoran khas italia yang harga setinggi langit. Cukup buka rinaresep.com pilih negaranya dan temukan resepnya dan silahkan beraksi di dapur cantik anda.



Jadi tidak ada alasan lagi tidak bisa memasak, sibuk atau alasan lainnya karena rinaresep.com adalah solusi dari permasalahan anda tersebut. segera kunjungi rinaresep.com dan tentukan menu makanan apa yang bakalan kamu hidangan untuk orang tercinta. Selamat mencoba.




Sunday, July 5, 2020

LIMA PONSEL NOKIA JADUL YANG HANYA MENJADI MIMPI.

July 05, 2020 0 Comments


Nokia, siapa sih yang tidak kenal dengan merk ponsel ini. tidak salah jika Nokia disebut dengan merk ponsel sejuta umat. Dulu Nokia pernah menjadi raja dalam merk ponsel yang ada di Indonesia. Mungkin tipe ponsel Nokia itu ada ribuan. Karena dulu sering banget mengeluarkan model baru.

Dulu pernah ada surat kabar yang menampilkan harga jual dan harga beli ponsel, Nokia sendiri sekitar dua lembar yang berarti dua halaman, padahal merk lagi ada yang cuma setengah halaman atau satu halaman saja.

Sekarang pun mungkin masih ada beberapa orang yang memegang ponsel nokia merk jadul. Karena ada beberapa orang yang menggunakan dua nomer, satu buat internetan satunya buat telepon atau buat jaga-jaga kalau ada masalah dengan internet. Bener kan?

Dari sekian banyak tipe ponsel Nokia, pernah ada nggak sih yang kamu incar, yang kamu inginkan tapi tidak kesampaian sampai sekarang alias jadi mimpi aja. Kalau aku ada dong, apalagi dulu modelnya ponsel Nokia lucu-lucu dan unik-unik.

Inilah lima ponsel jadul dari Nokia yang hanya menjadi mimpi versi aku :
  • NOKIA N-GAGE

Katanya teman-teman ini dulu adalah ponsel untuk nge­-game. Aku sendiri tertarik lebih ke modelnya aja. Modelnya sih unik menurut aku. Keypadnya ada di kanan kiri layar, kalau standradnya ponselkan keypad ada di bawah layar. Seingatku seri ini ada dua versi N-Gage dan N-Gage QD

sumber : id.wikipedia.org
  • Nokia 2300 atau Nokia Kupu Kupu

Kenapa dikatakan kupu-kupu karena keypadnya kayak sayap kupu-kupu, apalagi ditambah perpaduan warna keypadnya yaitu pink keunguan dan warna biru. Pokoknya cantik gitu tampilannya.

sumber gambar : m.tabloidpulsa.co.id

  • Nokia 7600 atau Nokia Daun

Kalau yang dua tipe nokia sebelumnya belum berkamera, kalau yang ini udah berkamera. Lagi-lagi aku tertarik dengan modelnya. Unik lho modelnya. Layarnya cuma 2 inci, dengan keybord yang mengelilingi layar.
sumber : m.tabloidpulsa.co.id
  • Nokia 5300

Dengan tipe slide dan dengan fasilitas yang lebih baik dari sebelumnya, ponsel ini cukup menyita perhatian termasuk aku. Tapi sayang cuma jadi mimpi aja. Dulu kalau lihat orang lain lagi megang HP ini kayak keren banget gitu.

sumber : en.wikipedia.org
  • Nokia 3650

Tahu tipe ponsel ini dari serial Ada Apa Dengan Cinta yang tayang di televisi. Modelnya tidak segiempat tapi salah satu ujungnya kayak setengah lingkaran gitu. Warnanya juga gak hanya satu warna, perpaduannya lagi-lagi cantik dan indah dipandang mata.

sumber : en.wikipedia.org


Itulah lima tipe ponsel Nokia yang terbaik dan menjadi incaran di masanya. Setiap kali melihat surat kabar yang memuat tentang harga-harga ponsel, selalu melihat harga-harga yang dicantumkan dan selalu bilang nanti kalau ada uang aku mau beli. Gitu terus sampai ponsel-ponsel itu hilang dari peredaran dan berganti dengan yang baru.




Thursday, July 2, 2020

TIGA PONSEL JADUL YANG PERNAH MENEMANI HARI - HARIKU.

July 02, 2020 2 Comments

Perkembangan ponsel (telepon seluler) sangat cepat. Semua merk ponsel saling bersaing untuk mendapatkan hati para customer. Selalu ada model baru dengan fasilitas yang baru pula. Semua bertujuan untuk memberi kemudahan dan kenyaman bagi si pemakai ponsel.
Perbandingan ponsel sekarang dengan dahulu sangat signifikan dan memang terlihat sekali. Dari segi fisik dan fasilitasnya juga sangat berbeda.

Kalau ponsel dulu jangankan untuk internetan, nada deringanya bisa pakai lagu mp3 aja sudah merasa keren. Karena dulu ponsel memang benar-benar buat alat komunikasi. Komunikasi pesan dengan sms, kalau mau ngobrol ya tinggal telephon. Seiring dengan perkembangan zaman sekarang duniapun bisa dalam genggaman saat kau memegang ponselmu.

Dan inilah tiga ponsel jadul yang pernah menemani masa-masa mencari jati diri dan masa hura-hura :
  • Siemens C55
Pernah dengar merk ponsel ini nggak? Kalau pernah dengar merk ini bisa dipastikan kita kurang lebih seumuran.
Siemens C55 menjadi ponsel pertama aku. Warnanya silver dan warna layarnya berwarna orens. Ini termasuk ponsel yang tahan banting. Sempat berkali-kali jatuh tapi alhamdulilah masih aman.
Seberapa lama aku memakai ponsel ini? aku lupa berapa lama memakai siemens C55 ini.
sumber : http://mobile-arsenal.com


  • Sony Ericsson K220
Setelah Siemens C55 aku dibelikan oleh kakak ponsel baru yaitu Sony Ericsson. Di belikannya di Surabaya itu kalau tidak salah di WTC, yang katanya pusat ponsel ada di situ.
Seri ini sudah ada kameranya meskipun masih kamera VGA . Keypadnya enak di pakai buat ngetik sms kalau kata teman-teman bunyi cethuk-cethuk tapi empuk. Volumenya juga keras dibandingkan merk lainnya. Aku sempat melakukan dua kali flash untk sony ericsson ini. Kata orang counter karena terlalu sering ganti sim card yang beda provider. Dan katanya juga kalau ponsel sudah pernah diflash juga tidak akan lama. Dua kali dalam dua minggu aku flash ke counter ponsel, kalau tidak salah biayanya dulu sekitar Rp. 10.000,- untuk sekali flash.  Dan akhirnya karena itulah aku membeli ponsel yang baru. 
Barusan aku dapat info dari kakak aku, ternyata dia sempat pakai ponsel ini. Jadi setelah aku beli baru ponsel ini dipakai kakak ku dan kemudian dia jual ke temannya seharga Rp 150.000- dan ajaibnya cuma sekali melakukan flash. 

sumber : www.gsmarena.com


  • Nokia 2330 Classic
Kalau dua ponsel sebelumnya sudah tidak diketahui batang hidungnya, kalau yang ini masih aku pakai sampai sekarang. Nomer utama aku letakkan dalam ponsel ini, sedangkan untuk paketan data internetan aku pakai nomer lain.
Aku ingat dulu ini aku beli baru di Malang, di salah satu ruko di daerah Tlogo Mas. Harganya masih sekitar 300.000an. Ponsel ini dirilis sekitar tahun 2009 jadi sudah 11 tahun usia ponsel aku ini.
Yang ponsel ini sudah lebih canggih daripada dua ponsel sebelumnya. Sudah bisa dipakai internetan, bisa menyimpan mp3 dan ada kameranya. Kameranya bukan lagi kamera VGA. dan sudah ada blutoothnya. 
Tapi akhir-akhir ini ponsel ini sering eror, tiba-tiba sinyal ilang dengan sendirinya dan nanti muncul lagi. entah aku tidak tahu karena apa.
Itulah tiga ponsel yang pernah aku pakai. Untuk mendamping kinerja nokia 2330 ini aku sempat memakai ponsel nokia tipe C3 dan samsung corby sebelum ketemu dengan ponsel jenis samsung galaxy yang menjadi trend kala itu.
Kalau kamu ponsel jadul apa yang pernah kamu pakai?




Saturday, May 23, 2020

RITUAL KHUSUS MENJELANG LEBARAN, BIASANYA DI LAKUKAN DI MALAM LEBARAN. APAKAH ITU?

May 23, 2020 0 Comments


Lebaran adalah hari kemenangan dimana setelah satu bulan penuh kita berpuasa ramadhan dan ditandai dengan gema takbir dan tentunya shalat ied. Tidak salah jika kita menyambut lebaran dengan sangat antusias bahkan mungkin sejak mulai puasa hari pertama kita sudah merencakana hari lebaran nanti akan seperti apa.

Setiap rumah pasti mempunyai cara-cara tersendiri untuk menyambut lebaran dan tentunya cara-cara tersebut pasti melibatkan seluruh anggota keluarga. Iyaa kan? bener kan? he he he he. Meskipun setiap tahun sama tetapi pasti selalu bertanya dan selalu salah mengerjakannya. Benar apa benar?

Dan inilah ritual menjelang lebaran ala keluarga VaaRida Punya?
  • Bersih-bersih rumah.

Bersih-bersih rumah ini dari depan sampai belakang dan dari atas sampai bawah. Jangan kau kira bersih-bersih rumah sehari selesai ya, karena sampai pagi menjelang itu masih belum. Karena kategori bersih ini yang dipakai adalah kategori dari ibu negara. yang setia untuk mengecek, kalau kurang bersih gak marah sih tapi langsung ditangani sendiri. contoh ibu negara yang baik dan membuat kami menjadi semakin merasa bersalah.  Bapak negara bagian bersih-bersih langit-langit rumah, kalau para abdi mengerjakan sisanya.

  • Cuci bersih semua toples kebanggan.

Toples kebanggan yang muncul setahun sekali pasti setiap keluarga punya. Kalau hari - hari biasa cukup dengan wadah plastik bekas astor lebaran tahun kemarin. Ini biasanya dicuci beberapa hari sebelum lebaran, setelah mendapatkan beberapa kali ultimatum dari ibu negara “kapan toples e mbok isahi?” (artinya  ; “Kapan toplesnya kamu cuci?”).
  • Ganti sprei dan sarung bantal di tiap kamar.

Jenis sprei yang dipasang harus sesuai dengan arahan dari ibu negara, kalau tidak sama ya dicopot lagi dan diganti. Karena itu sebelum memulai aksi pemasangan sprei biasanya para abdi minta ke ibu negara untuk menyiapakan sprei mana untuk kamar mana. Kamarnya apakah banyak, berderer-deret seperti di kostan? Nggak cuma ada empat kamar saja.
  • Ganti gorden.

Ritual ini selalu selesai menjelang tengah malam, di mana ada gorden yang terpasang disitu maka bakalan diganti gordennya. Gak banyak cuma karena memang lama mencopot dan memasang kembali gorden itu perlu banyak waktu. Lagi-lagi gordennya pasti gorden kebanggan yang dipasang kalau ada perlu atau setahun sekali pas lebaran seperti ini.
Tidur menjelang dini hari.
Ini karena mengerjakan pekerjaan itu, seharusnya bisa dikerjakan jauh-jauh hari tapi karena udah menjadi rutinitas rasanya gak afdol kalau nggak dikerjakan mendadak atau serba cepat di malam lebaran. Biasanya mulai tidur setelah am 1 malam, dan ibu negara pasti yang paling terakhir tidurnya tapi anehnya beliau juga yang bangun lebih awal. Hebat banget ya.

Dari semua ritual di atas, di akhiri dengan pembuatan nasi kuning di hari lebaran, selain dibuat makan sendiri juga akan di buat ‘tempelang’ untuk dibawa ke masjid. Kompisisi nasi kuning ini cukup sederhana, dadar telur yang diiris memanjang serta oseng kering tempe atau tahu dan jangan dilupan serondeng. Dan kalau sudah seperti ini, “Nikmat mana yang kau dustakan.”

MInal Aidin Wa Faidin mohon maaf lahir dan batin


Friday, May 22, 2020

Apa Kabar Pemeran Serial Mahaputra Sekarang?

May 22, 2020 0 Comments


Ada yang pernah liat serial mahaputra, dulu pernah ditayangkan di Indonesia, tapi tidak sampai selesai sepertinya.Waktu mahaputra dewasa cuma secuil yang ditayangkan habis itu hilang entah kemana. Aku yang sempat mengikuti akhirnya larilah ke warnet untuk melihat kelanjutannya, ternyata di negara aslinya serial ini belum selesai masih dalam proses tayang juga.

Mahaputra sendiri tayang di Indonesia sekitar tahun 2015, sedangkan di India episode awal tahun 2012 dan selesai ditayangkan tahun 2015.

Judul asalnya adalah Bharat Ka Veer Putra – Maharana Pratap dan di Indonesia dirubaha menjadi Mahaputra. Di sini aku akan membahas para pemeran serial mahaputra waktu berkisah mereka masih remaja. Ada Faisal Khan yang menjadi Kunwar Pratap Singh atau mahaputra remaja, Roshni Waliaa sebagai Ajabde Punwar remaja dan Zannat Zubair sebagai Pool Kanwar remaja.

Lalu bagaimana kabar mereka sekarang setelah 5 tahun berlalu. Berubahan yang paling menonjol adalah perubahan fisik tentunya. Inilah mereka setelah lima tahun berlalu :


  • Faisal Khan, Lahir di Mumbai pada tanggal 30 Januari 1999. Jadi saat shoting Mahaputra tahun 2012 Faisal Khan berusia 13 tahun dan sekarang ia sudah berusia 21 tahun. Woooh sudah dewasa. Kalau menurut aku untuk wajah tidak terlau banyak berubah, kalau perubahan secara fisik tentunta terlihat sekali. Karakter wajah dewasanya sudah terlihat meski wajah remajanya juga masih terbawa. Tapi masih tetap ganteng dan maniskan ya?


  • Roshniwalia, pemeran Aajabde remaja ini lahir di Allahabad India pada tanggal 20 September 2001. Jadi saat bermain jadi Ajabdee tahun 2012 ia masih berusia 11 tahun, dan sekarang di tahun 2020 ia September nanti bakalan berusia 19 tahun. Usia 19 tahun itu kalau di Indonesia sudah masuk bangku kuliah mungkin sekitar semester 4 atau 5. Suka liat postingan foto-foto Roshni di akun instagramnya gaya-gayanya asik dan fotogenic menurut aku. Menurut aku dia masih imut-imut dan menggemaskan, dan tentunya lebih sedikit berisi dibanding waktu masih anak-anak.


  • Jannat Zubair, dia memerenkan Phool Kanwar, sahabat Ajabdee sejak kecil. Ia lahir di Mumbai pada tanggal 29 Agustus tahun 2001, seumuran dengan Roshni ya berarti, lahir di tahun yang sama cuma beda bulan saja, selisih satu bulan. Perannya di Mahaputra yang aku ingat dia cerewet dan banyak bicara tapi kalau dilihat sekilas Jannat ini orangnya seperti kalem ya.


Itulah perubahan pemeran serial mahaputra setelah hampir 5 tahun berlalu. Mereka bertiga sampai sekarang juga masih aktif di dunia hiburan di India sana. Yang aku suka dari cewek-cewek india adalah mereka berambut panjang dan warna hitam, sepertinya itu sudah menjadi ciri khas dari wanita-wanita india.




Tuesday, May 19, 2020

{ketigapuluh} Lima Jajan Lebaran Yang Harus Ada Di Meja Saat Lebaran.

May 19, 2020 0 Comments


Semua sepakat bahwa lebaran tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun kemarin lebaran kurang beberapa hari jajanan yang akan dipasang di meja udah siap tinggal masukkan ke dalam toples, bahkan untuk lebaran beberapa hari kemudian juga disimpan. Ini tradisi ibuk, selalu menyisihkan atau menyimpan beberapa jajan yang akan dihidangkan nanti jika ada tamu di lebaran di hari entah ke berapa. Biasanya di rumah 1-3 hari lebaran jajan masih komplit di meja, mulai dari lebaran hari keempat itu biasanya toples udah pindah ke belakang. Bukan tamunya yang makan tapi tuan rumahnya yang makan.

Jadi karena hal itu, ibuk selalu menyiapkan jajan lebaran yang sekiranya semua keluarga suka, dan bahkan jajan yang disiapkan adalah request dari anggota keluarga yang lain.

Inilah lima jajan lebaran yang pasti ada di meja tamu saat lebaran.
  • Roti Benik, ini adalah salah satu kue kering yang selalu ada di toples meja ruang tamu saat lebaran. Ini adalah jajan kesukaan aku, dulu pas di Malang pernah bawa jajan ini, terus kata temanku “Udah musim jajanan pizza dan burger masih suka jajan model seperti ini.” yang warna-warni itu rasanya manis sekali.
sumber gambar : m.omiyago.com
  • Kurma, kurma juga selalu ada di meja, bukan hanya jenis makanan yang selalu ada selama ramadhan. Ini adalah pesanan dari bapak “kurma gae riyoyo west tuku bu?”.
sumber gambar : www.halodoc.com
  • Kacang Mete. Ini satu rumah tidak ada yang suka, dan ini adalah kemauan ibu sendiri. Tapi anehnya malah yang cepat habis dibanding makanan yang lain. Mereka bilang, “Ini makanan yang cuma muncul setahun sekali, jadi harus dimakan.” Kacang mete ini memang harganya selangit alias mahal. Jadi kalau toples kacang mete udang setengah kosong, saat ibuk melakukan sidak toples di meja, langsung diangkut ke belakang dan disimpan buat nanti kalau ada tamu.
sumber gambar : www.alodokter.com
  • Madu Mongso, jajan dari bahan ketan hitam dan gula jawa ini juga selalu ada di rumah saat lebaran. Dulu aku ingat itu ibuk selalu buat sendiri madu mongso ini tapi beberapa tahun terakhir ini ibuk beli untuk madu mongsonya.
sumber gambar : www.masakkue.com
  • Agar-Agar atau Jelly, kalau ini disiapkan khusus untuk para cucu-cucu katanya ibuk, karena sebagian besar anak kecil suka dengan jelly berwarna-warni dengan berbagai macam rasa buah ini, tidak hanya si kecil tapi yang dewasa juga suka.
sumber gambar : shopee.co.id


Itulah lima jajanan yang selalu ada di meja ruang tamu saat lebaran. Tapi itu dulu, karena lebaran sekarang berbeda, selain ada covid-19 juga ini lebaran pertama tanpa ibu. Dulu cukup ibu saja yang mengatur dan kita sudah tahu beres, tapi sekarang.....





Monday, May 18, 2020

{keduapuluh sembilan} Terimakasih BPN Untuk challenge Di Setiap Ramadhannya.

May 18, 2020 0 Comments


Alhamdulilah, bisa ikutan lagi challenge menulis yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network (BPN). Meskipun ketinggalan beberapa hari alhamdulilah bisa terkejar, dan tidak terasa udah sampai pada tema hari keduapuluh sembilan.

Dari sebelum ramadhan untuk siap menyambut challenge ini, tapi karena yang dipantengin adalah media sosial twitter, seperti terlewat postingan bahwa chellenge ini sudah di mulai. Ternyata tahun ini dimulai dari sebelum ramadhan, kalau yang tahun kemarin seingatku hari pertama postingan adalah hari pertama ramadhan.

Ini tahun kedua aku ikutan dan sepertinya aku ketagihan untuk ikutan lagi. terimakasih banyak BPN yang sudah mengadakan kegiatan sekeren ini. meskipun belum bisa aktif kirim setoran ataupun mengikuti kegiatan baik yang online maupun offline tapi selalu berusaha untuk ikut meriahkan setiap challenge yang diadakan oleh BPN, ya seperti challenge menulis di ramadhan ini.



Tahun kemarin lumayan seru, karena harus berbagi waktu dengan membantu ibu membungkus kue-kue untuk dijual. Berbagi waktu di sini maksudnya adalah karena aku pakai paketan internet malam alias jam sahur, sementara ibu mulai membungku kue itu selepas sahur. Repotnya kalau ambil sebelum sahur alamt pasti ngantuk tak tertahankan, apalagi sering banget waktu itu tidur di atas jam 11 malam. Kalau ambil setelah sahur, yaitu harus berbagi waktu dengan membantu ibu. Akhirnya setelah itu aku siasati, siang hari atau malam selepas terawih aku gunakan waktunya untuk nulis sesuai dengan tema yang telah ditentukan, dan sehabis subuh atau sehabis sahur digunakan untuk posting ke blog. Dan alhamdulilah bisa selesai. Meskipun postingan gak sesuai dengan tanggal dan pada akhirnya tanggal disesuaikan. Maafkan ya kak Min BPN.

Tulisan untuk tantangan menulis dari BPN tahun kemarin dapat dibaca di sini : BPN 30 Day Tahun 2019


Tahun kemarin dapat bingkisan menarik dari SKIPPY yaitu toples dan wadah makan, karena berhasil mengirim postingan sesuai dengan syarat dari sponsor, untuk dari BPN mendapatkan kaos dan stiker. Sumpah kaosnya aku jaga banget karena tidak bisa di beli dan belum tentu semua orang bisa memiki kaos ini.



Dari tantangan menulis ini aku belajar konsisten menulis, meski tulisan masih belum dikatakan baik, setidaknya ini proses menuju tulisan yang lebih baik. 

Terimakasih banyak BPN, semoga engkau sukses selalu dan selalu menjadi wadah yang mengayomi para blogger yang baru belajar menulis seperti saya ini.

Dan ditunggu tantangan ramadhan di tahun depan.